Minggu, 12 Maret 2017

tanda tanda kelinci hamil


Kelinci termasuk jenis hewan dengan tingkat produksi cukup tinggi. Oleh karena itu hewan ini sangat prospektif jika diternakkan. Untuk satu kali kelahiran kelinci betina yang sehat mampu melahirkan 5 – 15 anak. Dan dalam 1 tahun bisa terjadi 5 kali kelahiran. Bagi para peternak kelinci sendiri wajib mengetahui ciri kelinci hamil. Tujuannya agar kelinci yang hamil tersebut segera dipindahkan (dipisah) dari indukan kelinci lainnya.
Kemungkinan kelinci hamil biasanya mulai terjadi memasuki hari ke 7 pasca kawin. Dengan kata lain setelah kita mengawinkan kelinci jantan dan betina dalam 7 hari, umumnya janin mulai tumbuh di rahim kelinci betina. Baru tanda bahwa kelinci kita benar terlihat hamil dapat terdeteksi memasuki hari ke 14.

Berubah Galak

Kelinci betina yang sedang hamil tidak mau lagi dikawinkan dengan pejantan. Bahkan untuk kelinci betina yang cenderung agresif karakternya berubah lebih galak dibanding kelinci jantan. Jika mengetahui hal ini sebaiknya kelinci betina dan kelinci jantan segera dipisahkan. Berikutnya ciri-ciri kelinci hamil mulutnya terlihat agak kemerahan dibanding biasanya.

Menggali Tanah

Seperti yang disebutkan diatas, ciri-ciri kelinci hamil biasanya sifatnya lebih galak dan agresif. Ciri-ciri lainnya, kelinci sering merusak kandangnya sendiri dan akan terus menggali tanah jika dilepas ke alam bebas sebagai bentuk alamiah kelinci untuk mempersiapkan kelahiran.
Umumnya begitu mengetahui ciri-ciri kelinci hamil para peternak sudah memisahkan kelinci yang hamil tersebut ketika usia kehamilan menginjak hari ke 17. Sebenarnya itu terlalu terburu-buru sebab usia kehamilan kelinci rata-rata 30 – 34 hari. Jadi kelinci yang hamil bisa dipindahkan ke kandang khusus, misalnya hari ke 24 atau 25.

Terlihat Lapar

Selain lebih galak dan agresif, kelinci yang sedang hamil juga terlihat mudah lapar. Untuk perkembangan janin kelinci yang sehat sebaiknya diberikan porsi makanan lebih besar dibanding biasanya. Kelinci hamil cenderung mudah lapar terutama malam hari.
Jika nafsu makan kelinci tidak diimbangi dengan konsumsi makan yang cukup biasanya kelinci menjadi stress dan bisa berubah menjadi kanibal. Ia mulai suka melukai diri sendiri atau yang lebih buruk ia akan membunuh anaknya. Selain itu, jika kelinci kurang mendapat asupan nutrisi yang cukup maka produksi air susu juga kurang maksimal.

Perut Buncit

Seperti halnya manusia, ciri-ciri kelinci hamil juga bisa dilihat dari perutnya yang nampak buncit. Benar, kita bisa meraba perut kelinci agak buncit memasuki usia kehamilan 17 hari yang menandakan kelinci benar-benar mengandung janin.
Begitu kehamilan memasuki hari ke 23 hingga 29, sang induk terlihat sering gelisah dan hidungnya semakin memerah. Setelah itu perutnya semakin membesar dan terlihat buncit meski tidak diraba.

Ciri-ciri kelinci akan melahirkan

Seperti yang dibahas pada ciri-ciri kelinci hamil diatas, kelinci hamil akan melahirkan memasuki hari ke 30 – 34 pasca kelinci kawin. Nah, bagaimana ciri-ciri kelinci akan melahirkan?

Mengalami Kerontokan

Kelinci yang mau melahirkan biasanya mengalami kerontokan pada bulu-bulunya. Jika diletakkan di kandang terbuka ia akan kembali pada sifat alaminya yaitu menggali-gali tanah membuat lubang terowongan untuk menempatkan anak-anaknya. Pada kondisi seperti itu kelinci dapat membuat lubang yang dalam dan berkelok-kelok menyerupai terowongan.

Sangat Agresif

Kelinci yang akan melahirkan sifatnya berubah lebih galak terutama dengan kelinci-kelinci lain di kandang yang sama. Ia membuat tanda khusus dan menjaga daerahnya. Hal ini untuk mengantisipasi agar kelak anak-anaknya lebih tenang, aman, dan tidak mengalami gangguan.
Harus diketahui oleh para peternak atau pecinta kelinci, sebelum kelinci dikawinkan harus ditempatkan di ruangan yang nyaman serta mendapat makanan yang cukup. Intinya kenyamanan adalah aspek paling penting agar kelinci dapat berkembang biak secara sempurna. Kelinci baru boleh dikawinkan jika sudah dewasa dan tingkat kematangan kelaminnya sudah cukup.
Tiap jenis-jenis kelinci memiliki usia kehamilan berbeda-beda. Ciri-ciri kelinci hamil tiap jenis juga berbeda. Kematangan reproduksi bisa dilihat dari ukuran tubuhnya. Kelinci yang sudah siap bereproduksi (siap dikawinkan) yaitu usia 4,5 bulan – 5 bulan untuk kelinci tipe kecil. Untuk kelinci tipe sedang 5 bulan – 6,5 bulan, dan kelinci tipe besar siap dikawinkan ketika berumur 7 bulan.